Sama seperti manusia dan berbagai mamalia lain, induk kucing juga akan menyusui anaknya. Secara biologis, tubuh induk kucing pun sudah dipersiapkan untuk memproduksi susu yang akan diberikan pada anak-anaknya hingga batas waktu tertentu.

Anak kucing yang baru lahir juga sangat membutuhkan susu dari induknya untuk memperoleh gizi dan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan optimal. Karena itu, secara naluri anak kucing akan mencari susu induknya.

Walaupun begitu, dalam beberapa kasus, induk kucing tidak mau menyusui anaknya. Meskipun induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya jarang terjadi, fenomena ini perlu dipahami.

Induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya bisa terjadi karena faktor internal atau bisa juga karena faktor lainnya.

Faktor-faktor ini bisa menyebabkan seekor induk kucing yang baru melahirkan terkesan enggan atau bahkan tidak mau menyusui salah satu atau bahkan beberapa ekor anak kucing yang baru lahir.

Tentunya jika kamu tidak familiar dengan kondisi ini, kamu akan merasa sangat aneh, karena anak-anak kucing ini masih sangat membutuhkan perhatian dari sang induk dan nutrisi dari ASI kucing.

Berikut adalah cara-cara untuk menangani induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya, sehingga anak kucing dapat tetap tumbuh dengan sehat.

  • Lindungi anak kucing yang baru lahir
  • Bawa kucing ke dokter hewan
  • Jangan paksa induk kucing merawat anaknya
  • Berikan susu formula khusus kucing untuk pengganti ASI

Karena fenomena ini penting untuk dipahami, pada artikel ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab induk kucing tidak mau menyusui anaknya dan juga menjelaskan lebih lanjut cara-cara apa yang bisa kita lakukan untuk menangani masalah ini.

Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Normalnya, induk kucing akan menyusui anak-anak kucingnya sampai batas waktu tertentu. Walaupun begitu, terkadang ada kondisi dimana induk kucing berhenti menyusui anaknya padahal anak kucing tersebut masih harus minum susu.

Atau, terkadang juga terjadi kasus dimana induk kucing sejak awal tidak mau merawat dan menyusui anaknya sama sekali. Terkadang, kondisi ini sulit untuk disadari jika tidak dimonitor dengan baik.

Untuk memperjelas, kami akan menerangkan apa faktor-faktor penyebab induk kucing tidak mau menyusui anaknya atau bahkan tidak mau merawat anak kucing yang baru dilahirkan oleh si induk kucing.

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan induk kucing tidak mau menyusui atau merawat anak kucing.

Induk Kucing Tidak Dapat Menemukan Anaknya

Pada beberapa kasus, jika kita melihat anak kucing yang tidak menyusu pada ibunya, bukan berarti induk kucing tersebut tidak mau menyusui anaknya. Bisa jadi, induk kucing tidak dapat menemukan anak kucing tersebut. Contohnya saja, pada kucing liar, induk kucing masih harus mencari makan sehingga harus meninggalkan tempat anak-anak kucing tinggal. Saat induk kucing kembali, induk kucing tidak bisa menemukan anaknya yang mungkin tidak sengaja dipindahkan oleh manusia.

Kelainan Fisik pada Anak Kucing

Salah satu penyebab yang sering membuat induk kucing tidak merawat dan menyusui anak kucing adalah anak kucing yang lahir secara tidak sempurna. Misalnya saja, anak kucing yang memiliki kekurangan atau cacat fisik bisa ditolak oleh induk kucing. Induk kucing akan memilih untuk merawat dan menyusui anak kucing yang lahir secara sempurna.

Penyakit pada Anak Kucing

Selain kelainan fisik, terkadang ada anak kucing yang terlahir dengan penyakit. Induk kucing bisa mendeteksi penyakit tersebut. Kucing yang terlahir dengan penyakit meningkatkan resiko akan induk kucing menolak untuk menyusui dan merawat anak kucing tersebut.

Penyakit pada Induk Kucing

Induk yang tidak mau menyusui anaknya juga dapat disebabkan jika adanya kelainan atau penyakit pada ibu kucing. Salah satu penyakit yang cukup umum terjadi pada induk kucing sehingga menyebabkan perilaku ini adalah Mastitis. Mastitis adalah adanya infeksi pada kelenjar mammae (mammary gland) yang berfungsi untuk produksi susu.

Anak Kucing yang Dilahirkan Terlalu Banyak

Fenomena induk kucing tidak mau menyusui anaknya juga bisa terjadi karena induk kucing melahirkan terlalu banyak anak. Bila anak kucing terlalu banyak, induk kucing bisa kehabisan energi dan tidak bisa memproduksi cukup susu untuk semua anaknya. Karena itu, biasanya akan ada beberapa anak yang tidak mereka rawat atau mereka susui. Biasanya, anak yang terlihat kecil, lemah, dan rentan adalah anak yang diterlantarkan.

Induk Kucing Belum Cukup Dewasa

Tingkat kedewasaan induk kucing juga dapat mempengaruhi naluri keibuan kucing tersebut. Dalam kasus tertentu, walaupun lebih jarang, kucing betina bisa mulai beranak sejak usia 4 bulan. Naluri keibuan dari kucing yang masih terlalu muda belum matang, sehingga terkadang mereka tidak mau menyusui dan merawat anak kucing yang telah dilahirkan.

Cara Menangani Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Setelah memahami faktor-faktor yang menjadi penyebab induk kucing tidak mau menyusui anaknya, kamu mungkin bertanya, apa yang bisa kamu lakukan, baik untuk induk kucing, maupun anaknya. Untungnya, kita bisa melakukan beberapa upaya supaya induk kucing maupun anaknya mendapat hidup yang lebih baik.

Berikut adalah upaya-upaya yang bisa kamu untuk menangani induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya, sehingga anak kucing tetap bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Lindungi Anak Kucing yang Baru Lahir

Pastikan anak kucing yang baru lahir aman dan jangan sembarangan dipindahkan. Kalau bisa, pastikan induk kucing melahirkan ditempat yang cukup sejuk, sehingga anak-anak kucing tidak terlalu jauh berkeliaran. Pastikan anak kucing juga berada di dekat induk kucing saat masa-masa baru melahirkan.

Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Tindakan lain yang sangat penting untuk dilakukan apabila kamu melihat induk kucing tidak mau menyusui anaknya adalah dengan membawa induk dan anak-anaknya ke dokter hewan. Lebih baik induk dan anak-anak kucing dibawa dengan segera supaya bisa ditangani lebih cepat oleh dokter hewan, mengingat saat baru melahirkan kondisi kucing lebih rentan.

Bawalah semua kucingnya, baik itu induk dan juga semua anak yang dilahirkan tanpa terkecuali sehingga dokter hewan bisa benar-benar menganalisa skenario dan faktor-faktor penyebab dengan lebih baik.

Jangan Paksa Induk Kucing Merawat Anaknya

Ketika induk tidak mau menyusui anaknya, jangan paksa induk kucing tersebut untuk menyusui dan merawat anaknya. Induk kucing malahan bisa melakukan penolakan yang keras dan menjadi semakin agresif. Tindakan ini sangat membahayakan anak kucing yang baru dilahirkan.

Berikan Susu Formula Khusus Kucing Untuk Pengganti ASI

Jika kamu sudah mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab induk kucing tidak mau menyusui, kamu juga bisa menggantikan peran ibu kucing dengan memberikan susu formula khusus kucing. Selain itu, kamu juga bisa merawat anak kucing dengan baik, sehingga anak kucing bisa bertumbuh secara optimal.

Pastikan susu yang kamu berikan adalah susu formula khusus anak kucing. Berikan susu tersebut dengan pipet khusus. Biasanya anak kucing yang baru lahir akan memerlukan susu setiap dua jam sekali.

Pastikan suhu susu kucing pas, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Konsultasikan pada dokter hewan porsi yang tepat bagi anak kucing tersebut, serta pahami kadar pemberian susu yang tepat seiring bertumbuhnya kucing.

Sangat disarankan untuk kamu yang kucingnya akan melahirkan untuk menyiapkan susu formula khusus kucing serta peralatan untuk memberikan susu pada kucing sebelum induk kucing melahirkan.

Dengan persiapan ini, kamu bisa segera menangani kondisi dimana induk kucing tidak mau menyusui atau merawat anak kucing tersebut.